Mengkonversi FAT32 Menjadi NTFS pada Windows Xp

Selama ini Sobat menggunakan Windows XP dengan format FAT32. Namun, setelah sekian lama menggunakannya, Sobat ingin mengubah formatnya menjadi NTFS. Apakah proses ini harus memformat ulang Windows XP terlebih dahulu ?

Jawabannya TIDAK,,karena saya akan memberikan Tips n Triknya pada Postingan kali ini..silahkan sobat baca dan simak dengan seksama..hehehe
Format NTFS memiliki ukuran cluster yang lebih kecil dibandingkan FAT32 dan FAT16. Dengan demikian, NTFS mampu menampung data atau file yang lebih besar dibandingkan FAT32, dengan kapasitas hard disk yang sama besarnya.

Tidak heran format NTFS ini lebih banyak diminati oleh pengguna Windows XP karena penggunaannya lebih menghemat kapasitas Hard Disk. dalam format NTFS tidak banyak ditemukan cluster yang kosong. File akan mengisi setiap cluster dengan lebih padat. Namun, jika sobat sudah menggunakan FAT32 untuk Windows Xp, Sobat tidak perlu meng-install ulang Windows Xp untuk mengubahnya menjadi NTFS. Cukup dengan Trik kecil, FAT32 yang sobat miliki bisa berubah menjadi NTFS dengan waktu yang cepat.

Caranya ;
Pertama-tama, nyalakan PC sobat, Selanjutnya, buka Command Prompt melalui menu "Start | All Programs | Accesories | Command Prompt".
Ketikkan perintah " CONVERT [driveletter]: /FS:NTFS". contohnya, jika sobat ingin mengubah drive "C" kedalam NTFS, ketikkan "CONVERT C: /FS:NTFS". Selanjutnya, Anda tinggal menunggu proses Konversi sampai 100 persen.

Semoga Bermanfaat By Diego

0 komentar:

Posting Komentar