Hiburan Murah Bagi Anak Kost (Anak Kost Masuk)

Masih ingat dengan lagu “Nasib Anak Kost” yang pernah dipopulerkan oleh P Project? Lagu yang terkenal beberapa tahun lalu tersebut menceritakan betapa sulitnya hidup sebagai anak kost. Dari yang jarang mengikuti kuliah, telat mendapatkan uang kiriman dari rumah, hingga sulitnya memenuhi janji dengan pacar diceritakan di lagu ini. Namun, apakah hal tersebut dirasakan juga oleh anak kost masa kini?

CHIP mencoba menanyakan hal tersebut ke beberapa orang. Hasilnya cukup menarik. Ternyata, baik yang sudah bekerja maupun belum, sama-sama mengeluhkan masalah keuangan. Alasannya pun beragam, dari gaji tidak cukup, kebanyakan foya-foya, hingga sering berbelanja di akhir minggu. Pada kenyataannya, masalah ekonomi tersebut mudah untuk diatasi. Salah satu kuncinya adalah disiplin. Paksa diri Anda agar tidak terjebak dalam hidup konsumtif.

Ada satu alasan kuat mengapa anak kost gemar untuk keluar dari kost dan mulai menghabiskan uang. Kelamaan di kost, berdiam diri saja, memang sangat membosankan. Memang anak kost memerlukan banyak hiburan alternatif.
Kali ini, CHIP akan memberikan beberapa saran bagaimana cara menghabiskan waktu, tentu dengan biaya seminimal mungkin. Selamat mencoba!

1. Main-main ke kamar teman di kostan Anda. Bosan di kamar sendiri? Main ke kamar teman se kost Anda. Bersosialisasilah! Anda bebas mengangkat tema perbincangan, tetapi tetap harus tahu batas. Hindari perbincangan yang menjatuhkan teman Anda. Anda bisa mengangkat tema mengenai kuliah, kerja, pertemanan, gosip, film, dan banyak hal lainnya.

2. Sewa film. Saat ini, telah banyak tempat penyewaan DVD. Lebih murah daripada pergi nonton ke bioskop, bukan? Judul film yang ada sudah mulai beragam, dari yang paling lama, hingga paling baru. Kelebihan lain Anda menyewa film, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Biasanya harga sewa satu DVD adalah Rp1000,- hingga Rp5000,- per hari.

3. Bosan terus berada di kostan? Cobalah untuk berjalan-jalan di sekitar kostan Anda. Biasanya kostan ada di sekitar tempat yang cukup ramai, seperti kampus atau perkantoran. Pasti banyak tempat hiburan di sekitar kostan Anda. Baik tempat makan, warnet, tempat peminjaman komik, dan masih banyak lagi. Biasanya, tempat-tempat yang ada di sekitar kost-kostan menjanjikan harga servis yang terjangkau untuk kantong mahasiswa atau karyawan.

4. Jalan-jalan ke kostan teman. Bosan di kostan? Sudah mulai bosan juga bermain-main di sekitar kostan? Mainlah ke kostan teman Anda. Sudah bosan juga bermain di kostan teman Anda? Mainlah ke rumah teman Anda.

5. Sudah sering melakukan hal-hal di atas, tetapi tetap membosankan? Cobalah untuk mengatur sebuah rencana dengan teman Anda untuk bepergian. Tidak harus ke luar kota. Tidak juga harus mengeluarkan uang banyak. Caranya cukup mudah, Anda bisa bersepeda keliling kota atau berolahraga di Minggu pagi. Cari taman kota, GOR, atau bahkan lokasi kota sedang di dalam program “Car Free Day”.

Semoga Bermanfaat By Gue Diego

0 komentar:

Posting Komentar